Buat Janji Mudah dan Cepat dengan Dokter Anak SehatQ

Jika Anda telah mendapat anugerah buah hati, mempunyai dokter anak andalan tentu menjadi kebutuhan. Pasalnya, jika anak tiba-tiba jatuh sakit dan memerlukan pertolongan dengan segera, keluarga tidak bingung lagi harus menghubungi siapa. Banyaknya dokter spesialis  di berbagai rumah sakit akan membantu menentukan pilihan Anda mendapatkan kriteria tenaga medis terbaik.

 

Informasi Terkait Dokter Anak

Dokter spesialis anak atau biasa disebut pediatri merupakan dokter yang fokus menangani kesehatan anak-anak, sejak mereka dilahirkan sampai menginjak usia remaja, yakni 18 tahun. Kesehatan yang ditangani meliputi kesehatan mental, fisik, emosional, sosial, dan tumbuh kembang anak-anak.  

 

Kemudian ada beberapa tugas dari seorang pediatri, salah satunya adalah memberikan tindakan pencegahan penyakit pada anak yang sehat. Selain itu, memberikan pengobatan pada anak yang jatuh sakit, baik sakit akut  atau kronis. 

 

Pada mulanya dokter ini memulai pendidikan dengan menempuh gelar Dokter Umum hingga selesai. Lalu melanjutkan Program Pendidikan Dokter Spesialis untuk mendapatkan gelar Spesialis Anak (Sp.A) dengan menempuh studi di bidang ilmu kesehatan anak. Sehingga mampu untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit pada bayi, anak-anak hingga remaja.

 

Seorang dokter spesialis juga dilatih untuk mengevaluasi proses tumbuh kembang. Bahkan mendalami berbagai ilmu yang lebih detail atau subspesialisasi. Sebagai contohnya nefrologi anak dan neurologi anak. 

 

Masalah yang Ditangani

Dokter anak menangani berbagai macam penyakit seperti infeksi dan non infeksi. Karena tujuan studinya adalah mengurangi angka kematian pada bayi dan anak, mempromosikan gaya hidup sehat, mengendalikan penyakit menular, dan meringankan permasalahan anak dan remaja dengan kondisi kronis. 

 

Tidak hanya menangani pengobatan penyakit secara langsung, namun efek jangka panjang penyakit tersebut juga menjadi perhatian seorang dokter. Misalnya saja edukasi ketepatan jadwal imunisasi dan gangguan tumbuh kembang. 

 

Tindakan Medis yang Dilakukan 

Tindakan medis yang dilakukan dokter anak antara lain memeriksa kondisi fisik pasien dan riwayat kesehatan sejak lahir. Kemudian memberikan imunisasi, menyampaikan saran perawatan, dan merujuk ke dokter subspesialis.  Dokter juga melakukan tindakan kondisi gawat darurat, misalnya saja sesak napas, syok, sepsis, kejang, dan menentukan penanganan selanjutnya. 

 

Selain itu bertugas mengamati perkembangan anak dan menjelaskan kesehatan anak. Bahkan, dokter juga memberikan pelayanan kesehatan preventif  meskipun si kecil sehat. 

 

Dokter Spesialis Anak Terdekat

Seorang dokter  hendaknya memiliki surat izin praktik. Kebanyakan mereka terhimpun dalam organisasi nasional, yakni Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Untuk mempermudah komunikasi saat buah hati Anda mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya menyimpan beberapa alamat dokter terdekat SehatQ.

 

Di Rumah Sakit Cakra Husada, Klaten Selatan, Klaten ada  dr. Ristantio, Sp.A, M.Kes dan dr. Nurdin Aji Iskandar,  Sp.A. Kemudian di RSU PKU Muhammadiyah Sukoharjo, Sukoharjo ada de. Mustarsid, Sp.A(K) dan dr. Elvia Maryani, Sp.A, M.Sc. Selanjutnya dr. Muhammad Riza Kurniawan, Sp.A bertugas di RS PHC Surabaya, Pabean Cantikan, Surabaya. 

 

Dokter  selanjutnya adalah dr. Suryono Yudha Patria, Sp.A(K), Ph.D di RS Panti Rapih, Gondokusuman, Yogyakarta. Kemudian dr. Berliani Hijriawati, Sp.BA bertugas di RSU Islam Klaten, Klaten Utara, Klaten. 

 

Anda dapat membawa buah hati ke dokter bila mengalami kondisi seperti demam, dehidrasi, kejang, muntah atau diare berat, gangguan pernapasan, mengalami masalah tumbuh kembng, atau keluhan lainnya. Kemudian utarakan segala keluhan, bila perlu riwayat kehamilan, persalinan, imunisasi, atau yang lainnya supaya mempermudah dokter anak untuk mendiagnosis penyakit. Hal yang paling penting adalah buat janji dokter terlebih dahulu secara online  untuk menghindari antrian.