Ketahui Sekarang Tentang Jasa Tukang Bangunan, Banyak Jenisnya!

Ingin membuat rumah hunian yang nyaman untuk keluarga tercinta? Pastikan telah menggunakan jasa tukang bangunan yang profesional. Demi kelancaran pembangunan rumah, pemilihan tukang pun sangat penting. Hal tersebut karena semuanya dilakukan secara manual, sehingga butuh tukang yang memang ahli dibidangnya. Berikut jenis tukang berdasarkan pekerjaan yang dilakukannya yaitu:

1. Mandor

Jenis tukang yang pertama adalah mandor, mempunyai penting sebagai jasa tukang bangunan tentunya. Deskripsi dari pekerjaan mandor adalah memantau dan mengawasi proses berjalannya pekerjaan para tukang agar bisa bekerja dengan tepat waktu. Tidak hanya itu, tukang juga bertugas sebagai penghubung antara pemilik bangunan dengan tukang lainnya sebagai pemberi arahan.

Memungkinkan setiap perubahan yang diinginkan bisa tersampaikan kepada tukang yang bekerja lewat mandor. Setiap complain pun bisa disampaikan, yang nantinya akan disampaikan oleh mandor kepada para pekerja. Disinilah letak mandor sebagai pengawas dari keberhasilan suatu bangunan.

2. Tukang Gali

Berikutnya ada tukang gali yang bertugas untuk membuat pondasi atau landasan rumah ketika pertama kali pembangunan dimulai. Termasuk ke dalam bagian paling penting, sebab dalam proses penggalian tersebut tidak bisa dilakukan secara asal. Bayangkan jika bukan tukang gali profesional yang mengerjakannya, maka rumah akan mudah untuk tenggelam.

Selain itu, seorang jasa dari tukang bangunan yang dipercaya menjadi tukang gali harus mempunyai tenaga yang kuat. Penggalian pondasi rumah cukup memakan yang lama, sehingga tukang gali yang bugarlah yang bisa menyelesaikannya dengan cepat. Jika tidak maka akan banyak waktu yang habis dilakukan pada tahap awal pembangunan tersebut.

3. Tukang Batu

Selanjutnya setelah tukang gali, ada tukang batu yang bekerja untuk membuat pondasi rumah. Tugas tersebut dilakukan oleh tukang batu setelah lubang atau tanah galian untuk pondasi telah diselesaikan. Tidak hanya untuk menyusun dan memastikan jika pondasi telah terpasang batu.

Pekerjaan dari tukang batu juga diharuskan untuk bisa memasang batu bata merah, pengecoran, mengaduk semen dan pekerjaan lainya. Tukang batu yang sudah ahli dan lihai dalam pembangunan pun biasanya bisa memahami desain rumah yang akan dibuat. Tak jarang dari para tukang batu juga kaya akan pengetahuan tentang teknik sipil sedikit banyaknya.

4. Tukang Besi

Selanjutnya dalam pengerjaan sebuah bangunan wajib ada sebuah tukang besi, mengapa? Mustahil sebuah bangunan akan berdiri dengan kokoh jika tidak terdapat besi atau tonggak yang kuat untuk menopangnya. Pekerjaan dari seorang tukang besi pun berat, para tukang diharuskan untuk menguasai teknik pembesian konstruksi dengan baik.

Akan fatal akibatnya jika seorang tukang besi yang di pekerjaan bukanlah orang yang ahli dalam bidangnya. Selain itu tukang besi juga dituntut supaya bisa bekerja dengan rapi ketika memasangkan besi pada sebuah bangunan. Hal tersebut tentu menjadi poin penting agar sebuah rumah bisa terselesaikan sesuai keinginan.

5. Tukang Kayu

Dalam proses pembangunan rumah, tenaga tukang kayu termasuk ahli yang diperlukan. Peranan dari seorang tukang kayu sangat penting dalam setiap proses pembangunan. Baik pembangunan kantor, gedung, rumah atau yang lainnya pasti memerlukan tukang kayu. Berikut deskripsi pekerjaan tukang kayu yaitu:

  • Memasang kuda-kuda.
  • Pembuatan dan pemasangan kusen pintu.
  • Membuat struktur plafon.
  • Melakukan pembuatan dinding kayu.
  • Mengerjakan struktur lantai kayu dan lainnya.

Selain dari deskripsi pekerjaan yang telah dijelaskan, secara umum tukang kayu juga harus memahami konsep sebuah bangunan. Hal tersebut dikarenakan, aka nada kolaborasi antar tukang yang mengharuskan satu pikiran. Jadi sebuah bangunan bisa selesai dengan konsep yang telah dirancang.

Itulah penjelasan jasa tukang bangunan dengan jenis tukang yang terdapat di dalamnya. Setiap tukang mempunyai bidang keahlian masing-masing. Jadi mustahil jika sebuah bangunan berdiri hanya dengan satu orang tukang.