Mengenal Dedicated Server : Pengertian dan Fungsinya

Sudah pernah mengetahui apa yang dimaksud dedicated server? Dedicated server adalah sebuah server yang didedikasikan secara utuh untuk satu pengguna (bisa dengan kepemilikan maupun penyewaan) tanpa dibagi dengan user yang lain. Sebagai pengguna dedicated server, hanya Anda sendiri yang akan menempati dan menggunakan server tersebut. Anda memiliki kuasa penuh atas pengelolaan dedicated server tersebut, termasuk dalam hal pemilihan sistem operasi, hardware, dan sebagainya.

Walaupun hanya diperuntukkan untuk Anda, sebagai pengguna tunggal Anda tidak perlu repot melakukan instalasi dan penyediaan hardware lain, karena penyedia server sudah menyediakan support untuk instalasi software tersebut sampai siap digunakan. Sementara Virtual Server adalah layanan yang mirip dengan dedicated server, namun tidak memiliki fisik server, karena dibangun menggunakan teknologi virtual dari dedicated server.

Untuk Dedicated Server Indonesia, salah satu contohnya, server akan diletakkan di data center Indonesia dari neuCentrIX yang terkoneksi dengan jaringan. Layanan dedicated server Indonesia bisa menjadi salah satu pilihan untuk kebutuhan Anda dan akan menjadi pilihan yang tepat ketika bisnis/usaha atau situs Anda berkembang dengan baik. Traffic pengunjung yang semakin bertambah akan menuntut power lebih dari server yang melayaninya. Layanan ini ditawarkan dengan beragam spesifikasi dan harga bertingkat sesuai anggaran dan kebutuhan Anda, sehingga Anda tetap bisa menggunakan layanan secara optimal. Saat ini layanan dedicated server sudah digunakan berbagai Client dari beberapa perusahaan besar di Indonesia.

Fungsi Dedicated Server

Dedicated server memiliki sejumlah manfaat, di antaranya dapat meningkatkan traffic SEO, bebas melakukan kustomisasi, keamanan penyimpanan terjaga, dan lain-lain. Selain itu, ada beberapa fungsi yang bisa Anda peroleh jika menggunakan server jenis ini untuk mengelola website, yaitu:

  • Memiliki kendali penuh atas data yang disimpan.
  • Mendapat kapasitas penyimpanan lebih besar dibanding hosting.
  • Kapasitas atau memori penyimpanan tidak terbagi-bagi dengan pengguna lain.
  • Fleksibel, karena selain digunakan untuk membuat website, Anda juga bisa memanfaatkan server sebagai tempat penyimpanan data (library).

Meski memiliki beragam fungsi yang sangat berguna serta layak dicoba, namun jenis server yang satu ini kurang cocok. Bahkan, dedicated server malah tidak disarankan untuk Anda yang menggunakan website hanya sebagai blog pribadi atau portfolio.

Kapan Perlu Menggunakan Dedicated Server?

Ada kalanya kita diharuskan untuk melakukan yang namanya pindah server hosting. Hal ini perlu dilakukan jika website cenderung berjalan cepat di pagi hari tapi berjalan sangat lambat di malam hari. Ketidakstabilan ini merupakan tanda bahwa sebaiknya Anda harus pindah ke dedicated server.

Jadi apa saja tanda-tanda lain kalau kita perlu pindah server? Berikut adalah beberapa poin yang bisa jadi pertimbangan Anda.

1. Downtime

Salah satu tanda server web hosting yang sudah tidak kuat untuk menampung website kita biasanya akan ditandai dengan yang namanya downtime. Downtime adalah posisi di mana website kita tidak bisa diakses, baik dari back end maupun front end. Ini di luar kemungkinan bahwa penyedia hosting sedang melakukan maintenance berkala. Namun, jika downtime ini berlanjut sampai hitungan jam atau mungkin berhari-hari, sudah waktunya Anda pindah server.

2. Pesan Error

Jika Anda adalah web developer atau blogger lama di halaman WordPress, pasti sudah tidak asing lagi dengan pesan error seperti Error Establishing Database Connection, Internal Server Error, White Screen of Death, dan lain-lain. Ketika error masih terus berlanjut, bisa jadi server hosting memang sedang bermasalah. Pindah ke hosting Dedicated Server merupakan langkah yang tepat jika error ini kerap terjadi dan mengganggu website Anda.

3. CS Slow Respon

Bantuan dukungan 24 jam merupakan salah satu aspek yang harus dipertimbangkan saat memilih penyedia server. Jika hosting Anda saat ini memiliki pelayanan yang terbatas, ada baiknya Anda segera pindah hosting dedicated server. Hal tersebut nantinya akan berpengaruh ketika Anda sedang mengalami masalah.

4. Akses Website yang Lambat

Kecepatan akses sebuah website adalah indikator penting yang tidak boleh dilupakan. Website yang memiliki akses cepat akan lebih nyaman diakses visitor. Lambatnya akses sebuah website bisa jadi dipengaruhi oleh besarnya file maupun resource website Anda. Selain itu, website yang lambat juga dapat dipengaruhi traffic yang tinggi alias terlalu banyak pengguna dalam satu server. Jika mengalami ini, saatnya mempersiapkan diri untuk beranjak ke dedicated server.

5. Resource Tidak Mencukupi

Ada saatnya blog Anda berkembang dan sudah cukup besar. Pengunjung harian mencapai puluhan ribu kunjungan, dan kebutuhan penyimpanan data semakin meningkat. Jika dibiarkan di server yang terbatas, hal ini akan membuat website mengalami down. Atau lebih parahnya blog Anda akan mendapatkan peringatan suspend. Jika sudah begini, solusinya yaitu Anda bisa mencoba upgrade hosting ke resource yang lebih tinggi, seperti dedicated server.