Mengenal Ring Blower Serta Fungsi dan Cara Kerjanya!

Blower merupakan salah satu komponen dari sebuah alat vacuum yang gampang sekali untuk didapatkan karena penyebarannya yang sudah meluas. Namun, disamping keberadaannya yang sudah meluas, ternyata masih banyak dari sebagian orang yang belum mengetahui serta mengerti tentang mesin ini.

Hal tersebut memang cukup lumrah jika dilihat dari kacamata orang awam. Terutama bagi yang tidak bergelut di bidang industri seperti, pembudidayaan berbagai biota air, tekstil, hingga percetakan.

Ring Blower dan Root Blower

Memang terdapat banyak sekali jenis dari blower yang beredar dipasaran, termasuk blower dengan tipe Becker. Namun yang sering dan banyak digunakan dalam berbagai industri baik besar maupun kecil, adalah ring blower dan root blower. Lantas, apakah terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua alat tersebut?

Tidak sedikit dari masyarakat yang beranggapan bahwa kedua alat tersebut memiliki fungsi dan komponen yang sama. Namun anggapan tersebut sangatlah salah. Sebab antara ring blower dan root blower memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Perbedaan-perbedaan tersebut adalah seperti berikut:

1. Sistem penggerak

Dalam sebuah ring blower, penggeraknya hanya menggunakan motor saja. Namun jika root blower, penggeraknya menggunakan motor serta sabuk.

2. Pelumas

Dalam sistem geraknya, ring blower tidak membutuhkan pelumask. Namun jika root blower wajib menggunakan pelumas berupa minyak. Dari situlah kenapa tegangan dari root blower lebih besar jika dibandingkan dengan ring blower.

3. Aliran udara

Pada sebuah ring blower maksimum aliran udaranya hanya menggapai 22,4 m3 per menitnya dengan tegangan 3650 mmAq. Sedangkan root blower memiliki tegangan yang lebih besar dari itu.

Dengan melihat ketiga perbedaan tersebut, sudah mampu menjelaskan bahwa antara ring blower dan root blower tidaklah sama, baik dari segi fungsi dan spesifikasinya. Namun kedua alat tersebut dapat anda dapatkan di satu tempat yang sama yaitu di perusahaan vacuum dan equipment seperti Becker vacuum pump.

Becker vacuum pump menyediakan berbagai jenis vacuum, kompresor dan sistem pneumatik dengan merk Becker yang sudah ternama dan tidak diragukan lagi kualitasnya. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihatnya di laman resmi Becker di Internet atau datang langsung ke tempat penjualan atau supplier resmi mereka.

FungsiĀ  dan Kegunaan Ring Blower

Ring blower memiliki fungsi sebagai alat untuk memindahkan tekanan udara dari tekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah. Sedangkan penggunaanya, ring blower banyak digunakan dalam sebuah industri perikanan baik tambak maupun kolam.

Kegunaan yang lain terdapat pada pengolahan air limbah. Dalam hal ini, ring blower akan merubah tekanan dengan lebih cepat sehingga proses produksi juga lebih cepat dan efisien.

Cara Kerja Ring Blower

Jika dilihat dari perbedaan antara ring blower dan root blower yang sudah dibahas sebelumnya, ring blower memiliki cara kerja yang cukup sederhana dibadningkan dengan root blower.

Cara kerja alat ini cukup dengan adanya motor yang bergerak sebagai penghisap udara yang masuk melalui pipa inlet. Sebelum udara dikeluarkan melalui pipat outlet, maka mesin yang bekerja didalamnya akan mengatur tekanannya terlebih dahulu.

Hal tersebutlah yang mengakibatkan tekanan udara dapat berbeda antara udara yang masuk dan yang dikeluarkan. Nantinya udara ini yang akan digunakan sebagai suplai pada sistem mesin produksi.

Dari beberapa penjelasan di atas, dirasa sudah cukup memberikan wawasan kepada anda mengenai ring blower. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan mampu memberikan inspirasi bagi anda dalam penggunaannya bagi industri yang sedang anda jalankan.