Mengenal Rumus Simple Present Tense dan Contohnya

Dalam bahasa Inggris ada 16 tense yang perlu kita pelajari ketika belajar bahasa Inggris. Salah satu tense yang penting untuk kita pelajari yaitu simple present tense. Agar lebih mudah belajar jenis tense ini, Anda bisa menggunakan rumus simple present tense.

Perlu Anda ketahui, jika tense dibedakan menjadi 3 waktu. Antara lain yaitu present, past, dan juga future. Selanjutnya tense ini juga terbagi menjadi 4 aspek, yaitu perfect, simple, progressive atau continuous, serta perfect progressive.

Nah, untuk bentuk yang paling sederhana yaitu simple. Simple menjadi tense pertama yang penting sekali untuk Anda pelajari jika ingin memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang mahir.

Belajar Rumus Simple Present Tense

Perlu Anda tahu, jika bentuk simple termasuk bentuk paling dasar dan paling awal untuk kita pelajari sebelum kita belajar tentang tenses bahasa Inggris secara menyeluruh. Untuk bentuk simple tense yang pertama yaitu simple present tense.

Nah, kini saatnya kita belajar mengenai rumus simple present tense. Perlu kamu ketahui, jika kalimat present tense dibedakan menjadi dua jenis, diantaranya nominal sentence dan verbal sentence. Dalam tense ini ada beberapa aturan yang harus digunakan.

Intinya, dalam verbal sentence, setelah subjek nantinya akan diikuti oleh Verb (V) atau kata kerja. Sedangkan untuk nominal sentences, sesudah subjek akan diikuti oleh non kata kerja. Biasanya kita mengenalnya sebagai “be” or “to be.”

Sebenarnya, kita bisa menggunakan rumus ini dalam rutinitas yang kita lakukan sehari-hari atau untuk fakta. Tak hanya itu saja, rumus itu juga bisa dipergunakan untuk menyatakan sesuatu yang akan terjadi kedepannya dalam waktu yang dekat.

Rumus Nominal Simple Present Tense

Untuk membuat kalimat positif, negatif, dan kalimat tanya, maka Anda bisa menggunakan rumus nominal simple present tense seperti berikut ini;

  • Kalimat Positif: Subject + to be + noun/adj/adv
  • Kalimat Negatif: Subject + to be not + noun/adj/adv
  • Kalimat Tanya: To be + subject + noun/adj/adv?

Rumus Verbal Simple Present Tense

Dalam verbal sentences, sesudah subject Anda tidak perlu lagi menambahkan to be. Sebab, yang tugasnya menjadi predikat yaitu (V) verb. Menariknya, verb pada tenses ini termasuk bentuk yang dasar, jadi belum mengalami perubahan. Jika Anda ingin membentuk kalimat verbal, rumusnya adalah sebagai berikut.

  • Subject + V1(s/es) + Object (untuk kalimat positif)
  • Subject + Do/Does + Not + V1 + Object (untuk kalimat negatif)
  • Do/Does + Subject + V1 + (?) (untuk kalimat tanya)

Apabila kalimat yang Anda buat dengan menggunakan subjek kata ganti orang ketiga seperti (he, she, it, singular subject), maka terdapat beberapa kata kerja yang harus diikuti dengan s/es pada bagian belakangnya.  Contohnya saja seperti classes, videos, buys, washes, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh Simple Present Tense

Berikut ini adalah contoh simple present tense dengan kalimat verbal;

  • (+) She lives in Aceh. (Dia tinggal di Aceh.)
  • (-) She doesn’t live in Aceh. (Dia tidak tinggal di Aceh.)
  • (?) Does she live in Aceh? (Apakah dia tinggal di Aceh?)

Di bawah ini merupakan beberapa contoh kalimat simple present tense dengan kalimat nominal, yang memakai to be: are/am/is.

  • (+) That is fried chicken. (Itu adalah ayam goreng.)
  • (-) That is not fried chicken. (Itu bukan ayam goreng.)
  • (?) Is that fried chicken? (Apakah itu ayam goreng?)

Menghafalkan rumus simple present tense ini sangatlah penting. Tujuannya supaya kalimat dan pembicaraan dalam bahasa Inggris semakin mudah dipahami. Jika Anda ingin mahir dalam bahasa Inggris, maka Anda bisa mempercayakan kepada tempat les bahasa Inggris dari Learn with EF. Bersama kami, Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Tentunya didukung oleh pengajar asing yang sudah profesional. Belajar bahasa Inggris bersama kami akan menjadi aktivitas yang menyenangkan.