Tips Jual Rumah Kampung Agar Cepat Laku

Ingin jual rumah di area kampung untuk Anda harus menemukan pembeli yang cocok, agar rumah cepat laku. Umumnya rumah area kampung dijual dengan harga yang lebih murah daripada area perumahan di kota. Tentu saja karena lokasinya yang tidak lebih mudah diakses dari daerah perkotaan.

Namun jangan salah, jika lokasi rumah kampung Anda potensial dan berada di daerah yang akan berkembang beberapa tahun kedepan, tentu harga rumah kampung akan naik. Misalnya ingin jual rumah kampung di Magelang. Jika Anda berada di daerah yang strategis, maka tentu bukan tidak mungkin akan dilirik oleh calon pembeli dalam waktu dekat.

Tips Jual Rumah Di Area Kampung

Meski memiliki rumah di area kampung yang akan dijual, namun tidak perlu khawatir tidak akan laku. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat rumah kampung Anda cepat laku.

1. Pengecekan Harga Tanah

Strategi pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan harga tanah terlebih dahulu di sekitar wilayah rumah. Hal ini alasannya tentu saja agar bisa menentukan harga rumah anda. Ketika Anda tahu harga tanah di sekitar rumah, akan lebih mudah membuat harga rumah yang normal ketika rumah akan dijual.

Bisa dengan melakukan riset di website-website properti Indonesia. Atau karena rumah ada di kampung, maka bisa tanyakan pada tetangga atau warga sekitar mengenai harga tanah di sekitar rumah. Kemudian periksa NJOP di kawasan rumah anda pada PBB setiap tahun yang diterima. Hal ini berkaitan dengan harga rumah yang nantinya bisa dijual dua kali lipat atau tiga kali lipat. Apalagi jika lokasinya akan berkembang di masa depan, tentu bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi lagi.

2. Lakukan Perbaikan Rumah Sebelum Promosi

Tentu saat jual rumah baik di kampung maupun di kota, Anda tetap harus pasang iklan. Namun sebelum melakukan pemasangan iklan maka Anda harus melakukan renovasi terlebih dahulu pada beberapa bagian rumah yang memang perlu adanya perbaikan. Misalnya kondisi tembok rumah yang sudah tidak menentu, maka bisa melakukan pengecatan ulang pada area luar hingga area dalam rumah.

Lakukan juga perbaikan untuk area rumah yang mengalami kebocoran atau kerusakan ringan lainnya. Kondisi rumah yang normal atau baik-baik saja tentu akan lebih dilirik oleh calon pembeli.

3. Promosikan di Sosial Media

Untuk tips jual rumah kampung di Magelang dan area lainnya, maka Anda bisa melakukan promosi rumah di sosial media. Salah satunya Anda bisa mencoba mengiklankan rumah di Instagram, karena hal ini dinilai lebih efektif. Anda bisa memposting foto-foto rumah dengan kualitas foto terbaik dan juga informasi detail di dalamnya.

Jual rumah Anda di sosial media dengan pengiklanan yang lebih tertarget. Hal ini akan membuat peluang untuk rumah Anda jadi lebih mudah laku. Sebaiknya jangan private akun Instagram Anda, agar siapa saja bisa melihat postingan rumah beserta informasi yang Anda buat.

4. Sebarkan di Website Jual Beli

Selain membuat pengiklanan rumah di sosial media, Anda juga bisa memanfaatkan website-website jual beli rumah. Rumah Anda akan lebih tinggi peluangnya untuk cepat laku jika memasang iklan pada situs jual beli rumah. Anda juga bisa memanfaatkan fitur fitur pada website jual beli seperti misalnya fitur advertise.

Dalam penggunaan fitur advertise, sebaiknya Anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkannya. Transaksi untuk penjualan rumah biasanya mengalami lalu lintas yang padat. Saat suku bunga BI naik, maka harga rumah Anda bisa ikut naik. Menjual rumah pada saat perekonomian sedang bergairah juga  akan membuat transaksi jual beli jadi lebih ramai. Maka dari itu meski rumah Anda berada di lokasi perkampungan, tapi jika strategis maka bukan tidak mungkin harganya tinggi dan lebih cepat laku.

Fitur Advertiser ini akan membantu rumah Anda muncul pada halaman pertama, jadi akan lebih banyak orang yang melihat rumah Anda ketika membuka situs tersebut. Dengan memasang iklan pada website jual beli, Anda bisa mengetahui bagaimana reaksi dan antusiasme dari para calon pembeli rumah. Anda harus tetap ramah pada setiap pertanyaan yang diajukan calon pembeli sebaiknya transparan pada keadaan rumah.

5. Gunakan Agen Properti

Jika tidak mampu mengusahakan sendiri penjualan rumah lewat sosial media dan situs jual beli, Anda juga bisa memanfaatkan agen properti. Agen properti salah satu alternatif terbaik untuk membuat rumah Anda jadi cepat laku. Terlebih jika Anda juga tidak punya waktu untuk melakukan promosi rumah sendiri, maka menggunakan agen properti jauh lebih efektif.

Namun saat memilih agen properti, Anda juga harus selektif. Perhatikan bagaimana track record dari agen properti tersebut supaya nantinya tidak mengalami penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Agen properti biasanya akan mendapatkan komisi dari penjualan rumah yang dilakukan. Besaran komisi properti adalah sebesar ,2,5% dari total harga jual rumah anda. Atau bisa juga melakukan negosiasi untuk besaran komisi supaya masing-masing tetap merasa nyaman dan tidak terjadi miskomunikasi.

Kini tentu Anda sudah tahu berbagai tips yang bisa dilakukan agar rumah cepat laku, baik rumah kampung atau perumahan di daerah kota Anda bisa menerapkan beberapa poin di atas.  Untuk yang sedang mencari perumahan di daerah Magelang, Anda bisa memilih website  jual rumah kampung di Magelang, salah satunya yaitu Rumah.com. Website ini akan membantu Anda untuk menemukan rumah berdasarkan lokasi yang strategis dan budget yang dimiliki.